Jual daun Sirsak | Jual Daun Bidara | Jual Daun Binahong | Jual Daun Kelor | Jual Daun Salam | Jual Daun Saga | Jual Daun Pegagan | Jual Daun Katuk | Jual Daun Tempuyung | Jual Daun Mimba | Jual Daun Mint | Jual Daun Sambiloto Daun bidara dan Sejarahnya – Jual Daun Murah
X
    Categories: Daun Bidara

Daun bidara dan Sejarahnya

Daun bidara dan sejarahnya. Bidara adalah sebuah tumbuhan yang banyak sekali bermanfaat bagi umat manusia, bidara termasuk tumbuhan belukar yang mudah tumbuh di tumbuh dimana mana. Tumbuhan bidara juga mempunyai asal usul nya sendiri, daun bidara berasal dari daerah asia timur. Pohon bidara adalah salah satu tanaman yang di sebut di dalam alquran. Di dalam alquran menceritakan bahwa tumbuhan bidara ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi umat manusia. Daun bidara juga mempunyai banyak nama lain, salah satu namanya adalah daun seureuh yang kedua adalah daun cedar yang ketiga daun arabian jujube serta dapat disebut juga zizyphus spina christi.

Di daerah daerah lain mungkin juga mempunyai nama yang berbeda beda sesuai dengan penamaan oleh masyarakatnya masing masing. Bidara ini termasuk tumbuhan semak tinggi yang mempunyai tinggi krang lebih 2 meter mempunyai batang yang kecil dan kuat, berkayu keras bagian yang digunakan adalah daun, kayu dan bijinya. Daun bidara atau tanaman bidara ini dikenal dengan nama yang sangat banyak di indonesia, bidara laut, bidara pait, bidara putih bidara gunong bidara mapai dan banyak sekali nama lainya selain yang saya sebutkan.

Pohon bidara di sebutkan di dalam alquran dalam surat al-waqiah tentang kelompok kanan dari penghuni surga berada di bawah pohon bidara yang tak berduri. Pohon bidara juga di sebut di dalam surat saba ketika menggambarkan tentang kisah negeri saba. Ketika zaman dulu orang kafir masuk islam. Demikian adalah asal usul dari pohon bidara, jadi dapat di simpulkan bahwa pohon bidara tellah ada pada zaman nabi Mohamad dan masuk dalam ayat yang ada di alquran.

Ciri – ciri pohon bidara

Pohon bidara merupakan pohon yang banyak khasiatnya, dari berbagai pohon yang lain. Pohon bidara juga mempunyai ciri cirinya sendiri, pohon bidara termasuk dalam tanaman toga atau bisa di sebut tanaman obat keluarga. Tanaman bidara ini termasuk jenis tanaman belukar yang mudah hidup di daerah mana saja sebagian besar daerah kering. Berikut ini adalah ciri ciri dari tanaman bidara yaitu:

  1. Daun bidara

Daun bidara berbentuk bulat atau elips dan berukuran kecil , daun bidara mempunyai warna yang hijau pekat atau gelap. Pada pohon bidara yang paling banyak memiliki khasiat adalah daun nya yang mengandung anti biotik dan antioksidan yang tinggi. Pada daun bidara banyak di gunakan untuk pengobatan bahkan juga di gunakan sebagai alat kecantikan, bisa untuk lulur wajah atau lulur kulit yang kering. Daun-daun tunggal terletak berseling, helai daun bundar telur dan memiliki ukuran 2-9 cm x 1,5-5 cm, tepinya rata atau sedikit menggigit, gundul dan mengkilap disisi atas, dan berbulu halus berwarna keputihan di sisi bawahnya, dengan tiga  tulang daun utama yang nampak jelas berjajar, tangkainya mempunyai ukuran pendek 8-15 mm.

  1. Bunga bidara

Pohon bidara mempunyai bunga yang kecil, dan teksturenya yang berbulu, bunga bidara mekar pada bulan juni agustus, pada saat bunga bidara mekar bunga mengeluarkan bau yang wangi. Bunga bidara memiliki warna putih dan kecil. Berbentuk payung menggarpu dan tumbuh di ketiak daun, bunga bidara mempunyai ukuran sekitar 1-2 cm.

  1. Batang bidara

Pohon bidara mempunyai batang yang memiliki duri kecil kecil, dan juga memiliki teksture yang sangat keras. Batang bidara dapat dimanfaatkan sebakai bahan dasar kayu.

  1. Buah bidara

Pada tanaman bidara mempunyai buah yang berbentuk bulat, mempunyai warna yang hijau pekat pada saat masih muda. Buah bidara ini mengalami proses pematangan pada saat bulan oktober desember. Saat buah masak, buah bidara akan mempunyai teksture yang lembek pada bagian dagingnya. dan memiliki rasa yang kecut atau masam. Buah bidara biasanya di perjual belikan sebagai buah buahan.

Manfaat dari daun bidara

Yang paling banyak di butuhkan sebagai bahan pengobatan dan sebagai bahan kecantikan serta ruqyah adalah daun bidara. Daun bidara sangat banyak mempunyai manfaat bagi kesehatan , manfaat bagi kesehatan sangat banyak karena daun bidara mengandung zat anti biotik yang dapat menangkal virus dan juga bakteri jahat. Penyakit yang dapat di akibatkan oleh virus dan bakteri misalnya adalah penyakit demam, batuk, flu babi , flue burung bahkan HIV dan AIDS. Penyakit penyakit berbahaya ini dapat di tanggulangi dengan mengkonsumsi rebusan daun bidara. Selain mengobati penyakit daun bidara juga dapat menangkal gangguan jin dan sihir. Jadi daun bidara juga berkhasiat bagi hal hal spiritual. Saya akan menguraikan manfaat bidara di bawah ini, simak ya.

  1. Daun bidara bermanfaat bagi penangkal gangguan sihir dan gangguan jin.

Daun bidara bermanfaat bagi penangkal gangguan sihir dan gangguan jin ini adalah sebagai ramuan yang telah di buat dari rebusan daun bidara dan di berikan bacaan bacaan ayat alquran di dalam rebusan air tersebut. Kemudian rebusan daun bidara tersebut di minum secara teratur. Maka gangguan jin pada tubuh akan sedikit sedikit menghilang. Gangguan sihir pun juga sama, jadi dapat dilkukan untuk kedua nya.

  1. Daun bidara untuk memandikan jenazah

Daun bidara untuk memandikan jenazah ini bisa di lakukan untuk menambah aroma wangi pada jenasah yang di mandikan.

  1. Daun bidara membersihkan bau darah saat haid atau datang bulan

Daun bidara membersihkan bau darah saat haid atau datang bulan hal ini dapat dilakukan pada saat wanita mendapat halangan atau haid, dapat di sebut juga datang bulan.dengan air campuran daun bidara ini dapat membersihkan bau darah dari haid.

  1. Daun bidara untuk konsumsi

Daun bidara untuk konsumsi ini bisa di gunakan sebagai bahan makanan atau bahan minuman, untuk bahan makanan bisa kita campurkan dengan soup atau sayur bening. Jadi tanpa harus menglah nya secara individu atau sendiri kamu bisa mengolahnya dengan sayur sayur tersebut. Daun bidara untuk minuman dapat kamu gunakan daun bidara untuk jus, blender beberapa daun bidara sesuai dengan kebutuhan mu campurkan beberapa gula lalu blender hingga rata maka kamu akan mendapatkan jus daun bidara yang siap di minum. Apalagi pada bulan puasa seperti saat ini jus daun bidara sangat cocok untuk di minum saat berbuka. Selain menambah nafsu makan daun bidara dapat memperbaik kondisi tubuh atau dapat menjadi antibiotik kita

  1. Daun bidara sebagai obat sariawan

Daun bidara sebagai obat sariawan bisa di gunakan dari rebusan daun bidara dan juga dari jus daun bidara.

Demikian adalah asal usul  daun bidara, ciri ciri daun bidara beserta khasiatnya bagi kehidupan kita. Masih banyak lagi sebenarnya manfaat dari daun bidara ini, untuk bahan kecantikan dan lain lain. Namun hanya sekilas yang saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kalian para pembaca.

admin: