X
    Categories: Daun Bidara

Jual Daun Bidara

jual daun bidara

Bidara atau widara merupakan salah satu jenis pohon berukuran kecil yang bisa menghasilkan buah pada lahan kering sekalipun.

Tanaman bidara ini biasanya berbentuk bengkok dengan ketinggian mencapai 15 meter dengan lebar batang bisa mencapai 40 cm. Bagian cabangnya akan tersebar dan acap yang menjuntai serta ranting tumbuh secara acak serta memiliki rambut pendek dan bagian daunnya yang berwarna hijau akan gugur secara berkala.

Sedangkan untuk daun penumpu adalah berbentuk duri yang tegak lurus dan berpasangan dengan ukuran 5 sampai 7 mm. Daun-daun tunggalnya tersusun secara selang seling dan setiap daun berbentuk oval seperti telur dengan ukuran 2 sampai 9 cm x 1.5 sampai 5 cm dengan bagian tepi yang rata, botak dan mengkilap pada bagian atas daun.

Bagian bunga tanaman bidara ini berbentuk payung yang tumbuh pada ketiak daun dengan panjang 1 sampai 2 cm dengan jumlah 7 sampai 20 kuntum. Bunga bidara berukuran kecil dan bergaris tengah 2 sampai 3 mm berwarna kuning dan memiliki aroma yang sedikit harum.

Jenis Tanaman Bidara

  • Bidara acap: Bidara cina yang dibudidayakan di daerah Cina bagian utara.
  • Ziziphus spina christi atau Christ’s thorn jujube: Tumbuh pada daerah Afrika Utara dan juga daerah tropis lainnya seperti Asia Barat, Israel, Palestina yang dipercaya sebagai material pembuat mahkota duri. Sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Bidara

Nama Lain Bidara

  • Jawa: Widara
  • Madura: Bukol
  • Bali: Bekul
  • Sawu: Ko
  • Rote: Kok
  • Tmor: Kom, Kon
  • Alor: Bedara
  • Makasar, Bugis: Bidara
  • Bima: Rangga
  • Sumba: Kalangga
  • Malaysia: Bidara, jujub, epal siam
  • Filipina: Manzanitas
  • Burma: Zee pen
  • Kamboja: Putrea
  • Laos: Than
  • Thailand: Phutsaa, ma tan
  • Vietnam: Tao, tao nhuc
  • Inggris: Indian jujube, jujube, Indian plum, Chinese apple
  • Perancis: Jujubier

Klasifikasi Ilmiah Bidara

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Rosales
  • Famili: Rhamnaceae
  • Genus: Ziziphus
  • Spesies: Z. mauritiana

Manfaat Daun Bidara

Menyembuhkan jerawat

Daun bidara bisa digunakan utnuk membersihkan kulit dari kototran dan juga menjaga kulit dari kerusakan serta mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa lembar daun bidara lalu tambah sedikit air sampai kental dan oleskan pada seluruh wajah sebagai masker dan tunggu sebentar sampai mengering sekitar 20 menit.

Bilas sampai bersih tanpa memakai pembersih muka atau sabun dan perbedaan bisa langsung terlihat. Lakukan secara rutin sebanyak 1 m minggu 3 sampai 4 kali.

Menguatkan rambut

Untuk menguatkan rambut agar tidak mudah rontok, bisa dilakukan dengan cara merebus beberapa daun bidara bersama dengan air dan gunakan sebagai masker rambut saat mandi, kemudian bilas dan keringkan.

Gangguan jin atau sihir

Tidak hanya berguna sebagai oabt alami dan kecantikan, daun bidara juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan sihir atau jin. Caranya adalah dengan masukan 7 sampai 10 lembar daun bidara ke dalam air dan bacakan ayat Al-Quran lalu gunakan air rendaman ini untuk membasuh tubuh khususnya pada bagian tubuh yang mengalami gangguan sihir atau jin.

Cara kedua adalah dengan minum air campuran daun bidara yang sudah dihaluskan bersama 1 gelas air yang sudah dibacakan ayat Al-Quran dan minum dengan rutin sampai gangguan ini hilang.

Menghilangkan bau darah datang bulan

Agar bau darah saat datang bulan tidak amis dan mengganggu, maka anda bisa mandi dengan campuran air bidara yang sangat ampuh untuk mengurangi bau tidak sedap pada saat datang bulan tersebut.

Menyembuhkan luka gores dan luka bakar

Pada daun bidara mengandung antiseptik yang sangat penting untuk melindungi tubuh dari kuman berbahaya. Untuk menyembuhkan luka gores atau luka bakar, caranya adalah dengan menaburkan daun bidara yang sudah dihaluskan secara langsung pada luka yang sudah dibersihkan.

Bahan membuat kosmetik

Kosmetik yang beredar di pasaran ini tentunya mengandung bahan kimia yang cukup berbahaya, untuk merawat kulit wajah anda, bisa menggunakan daun bidara yang dihaluskan sebagai pengganti make up secara rutin. Zat yang terkandung pada daun bidara ini sangat baik untuk menghaluskan dan mempercantik kulit wajah anda.

Mengatasi kulit kering

Untuk mengatasi kulit yang kering, caranya adalah dengan menggunakan daun bidara yang sudah dihaluskan sebagai lulur secara rutin.

Mengurangi depresi

Untuk mengurangi depresi, minumlah jus bidara sebanyak 2 gelas setiap hari yang sangat efektif untuk mengurangi rasa depresi anda, selain itu rasa jus daun bidara ini juga cukup enak.

Menambah nafsu makan

Untuk anak-anak yang sulit makan, bisa menggunakan daun bidara yang di campur ke dalam makanan atau jus dan diberikan secara rutin sehingga nafsu makan anak bisa kembali normal.

Menyembuhkan diabetes

Untuk menyembuhkan diabetes tipe 1 dan 2 caranya adalah denga rutin minum jus atau air rebusan daun bidara secara rutin setiap hari, sebab dalam daun bidara terdapat kandungan glikemik yang sangat rendah sehingga cocok digunakan untuk terapi pada penderita diabetes.

Pakan hewan

Tidak hanya bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit dan kecantikan saja, daun bidara juga berguna sebagai pakan yang sangat disukai hewan ternak pengganti rumput.

Mengobati bakteri dan virus

Daun bidara yang mengandung anti bakteri ini sangat bermanfaat untuk terapi beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus serta bakteri sweperti flu, batuk, pilek, flu babi, flu burung dan menghambat tumbuhnya virus HIV AIDS.

Obat lambung

Daun bidara juga bisa digunakan untuk masalah pada lambung seperti kanker lambung, maag dan lainnya yakni dengan cara minum air bubuk daun bidara setiap hari secara teratur.

Obat sariawan dan bibir pecah pecah

Kandungan senyawa anti baketri yang ada pada daun bidara juga sangat bermanfaat untuk mengatasi bibir pecah pecah, sariawan dan juga gusi berdarah dengan cara minum air daun bidara secara rutin hingga sembuh.

Mencegah sel kanker dan tumor

Daun bidara juga mengandung zat yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel abnormal seperti tumor dan kanker. Caranya adalah dengan mengkonsumsi jus daun bidara secara rutin setiap harinya.

Mengatasi keputihan dan haid tidak teratur

Untuk para wanita yang mempunyai masalah haid tidak teratur dan juga keputihan berlebih, bisa diatasi dengan mengkonsumsi air rebusan atau juga daun bidara secara rutin setiap hari.

Mengatasi ejakulasi dini dan lemah syahwat

Untuk para pria yang memiliki keluhan lemah syahwat dan ejakulasi dini, bisa diatasi dengan cara minum jus daun bidara sebanyak 2 kali 1 hari pagi dan malam saat menjelang tidur, sehingga keluhan ini akan berkurang secara bertahap.

Menurunkan demam tinggi

Daun bidara yang mengandung anti bakteri ini juga bisa digunakan untuk menurunkan panas atau demam secara efektif dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun bidara atau dioleh menjadi sayuran dan jus.

Kesehatan gigi dan tulang

Supaya gigi dan tulang bisa tetap kuat dalam usia lanjut, maka konsumsi air rebusan atau jus daun bidara secara rutin setiap hari sehingga kesehatan gigi serta tulang bisa tetap terjaga.

Mengatasi insomnia

Untuk anda yang sering kesulitan tidur atau beristirahat, minum jus daun bidara ini secara rutin sebelum tidur sehingga gangguan insomnia yang anda derita bisa terus berkurang dari hari ke hari.

Mengatasi nyeri, nanah dan berdarah saat buang air kecil

Untuk anda yang memiliki masalah saat buang air kecil seperti air seni yang berdarah, terasa perih dan bernanah, bisa disembuhkan dengan makan daun bidara secara rutin setiap hari dan minum juga jus sari daun biadara sebagai pengganti minum teh anda.

Membersihkan usus

Daun bidara juga bisa berguna untuk segala penyakit pada perut dan usus dengan cara minum secara rutin jus daun bidara untuk membersihkan usus dari segala macam kotoran.

Mengobati kardiovaskuler

Untuk masalah kelainan atau gangguan pada jantung serta pembuluh darah ini juga bisa diatasi dengan cara minum jus daun bidara secara rutin setiap hari dan penyakit yang berhubungan denga jantung dan juga pembuluh darah bisa diobati dan disembuhkan.

Memperbaiki sel rusak

Agar tubuh bisa selalu terjaga kesehatannya, maka minum air rebusan atau jus daun bidara secara rutin setiap hari. Pada daun bidara memiliki kandungan dalam memperbaiki kerja sel sel dalam tubuh.

Daerah Penjualan Daun Bidara

Daun Bidara  Aceh

Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tamiang, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Utara, Bener Meriah, Bireuen, Gayo Lues, Nagan Raya, Pidie, Pidie Jaya, Simeulue, Banda Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam

Daun Bidara  Sumatera Utara

Asahan, Batubara, Dairi, Deli Serdang, Humbang Hasundutan, Karo, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Langkat, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Binjai, Gunungsitoli, Medan, Padangsidempuan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Tebing Tinggi

Daun Bidara  Bengkulu

Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Kaur, Kepahiang, Lebong, Mukomuko, Rejang Lebong, Seluma, Bengkulu

Daun Bidara  Jambi

Batanghari, Bungo, Kerinci, Merangin, Muaro Jambi, Sarolangun, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Tebo, Jambi, Sungai Penuh

Daun Bidara  Riau

Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kepulauan Meranti, Dumai, Pekanbaru

Daun Bidara  Sumatera Barat

Agam, Dharmasraya, Kepulauan Mentawai, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, Tanah Datar, Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok

Daun Bidara  Sumatera Selatan

Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Timur, Lubuklinggau, Pagar Alam, Palembang, Prabumulih.

Daun Bidara  Lampung

Lampung Barat, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Utara, Mesuji, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Way Kanan, Bandar Lampung, Metro

Daun Bidara  Kepulauan Bangka Belitung

Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Belitung, Belitung Timur, Pangkal Pinang

Daun Bidara  Kepulauan Riau

Bintan, Karimun, Kepulauan Anambas, Lingga, Natuna, Batam, Tanjung Pinang

Daun Bidara  Banten

Tangerang, Serang, Lebak, Pandeglang, Tangerang, Serang, Cilegon, Tangerang Selatan

Daun Bidara  Jawa Barat

Bandung, Bandung Barat, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya, Bandung, Banjar, Bekasi, Bogor, Cimahi, Cirebon, Depok, Sukabumi, Tasikmalaya

Daun Bidara  DKI Jakarta

Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara

Daun Bidara  Jawa Tengah

Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Magelang, Pati, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Surakarta, Tegal, Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Yogyakarta

Daun Bidara  Jawa Timur

Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Batu, Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Surabaya

Daun Bidara  Bali

Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan, Denpasar

Daun Bidara  Nusa Tenggara barat NTB

Bima, Dompu, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Mataram

Daun Bidara  Nusa Tenggara Timur NTT

Alor, Belu, Ende, Flores Timur, Kupang, Lembata, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sikka, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Kupang

Daun Bidara  Kalimantan Barat

Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Ketapang, Kubu Raya, Landak, Melawi, Pontianak, Sambas, Sanggau, Sekadau, Sintang, Pontianak, Singkawang

Daun Bidara  Kalimantan Selatan

Balangan, Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Kotabaru, Tabalong, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tapin, Banjarbaru, Banjarmasin

Daun Bidara  Kalimantan Tengah

Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau, Murung Raya, Pulang Pisau, Sukamara, Seruyan, Palangka Raya.

Daun Bidara  Kalimantan Timur

Berau, Bulungan, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Malinau, Nunukan, Paser, Penajam Paser Utara, Tana Tidung, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Tarakan

Daun Bidara  Gorontalo

Boalemo, Bone Bolango, Gorontalo, Gorontalo Utara, Pohuwato, Gorontalo

Daun Bidara  Sulawesi Selatan

Bantaeng, Barru, Bone, Bulukumba, Enrekang, Gowa, Jeneponto, Kepulauan Selayar, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Pinrang, Sidenreng Rappang, Sinjai, Soppeng, Takalar, Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Makassar, Palopo, Parepare

Daun Bidara  Sulawesi Tenggara

Bombana, Buton, Buton Utara, Kolaka, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Muna, Wakatobi, Bau-Bau, Kendari

Daun Bidara  Sulawesi tengah

Banggai, Banggai Kepulauan, Buol, Donggala, Morowali, Parigi Moutong, Poso, Tojo Una-Una, Toli-Toli, Sigi, Palu

Daun Bidara  Sulawesi Utara

Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Kepulauan Talaud, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Minahasa Utara, Bitung, Kotamobagu, Manado, Tomohon

Daun Bidara  Sulawesi Barat

Majene, Mamasa, Mamuju, Mamuju Utara, Polewali Mandar

Daun Bidara  Maluku

Buru, Buru Selatan, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Ambon, Tual

Daun Bidara  Maluku Utara

Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Utara, Halmahera Selatan, Kepulauan Sula, Halmahera Timur, Pulau Morotai, Ternate, Tidore Kepulauan

Daun Bidara  Papua

Asmat, Biak Numfor, Boven Digoel, Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Jayapura, Jayawijaya, Keerom, Kepulauan Yapen, Lanny Jaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Mappi, Merauke, Mimika, Nabire, Nduga, Paniai, Pegunungan Bintang, Puncak, Puncak Jaya, Sarmi, Supiori, Tolikara, Waropen, Yahukimo, Yalimo, Jayapura

Daun Bidara  Papua Barat

Fakfak, Kaimana, Manokwari, Maybrat, Raja Ampat, Sorong, Sorong Selatan, Tambrauw, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Sorong.

admin: