X
    Categories: Daun Mimba

Jual Daun Mimba

Jual Daun Mimba

Jual Daun mimba kualitas terjamin grosir dan eceran ready stock kirim ke seluruh Indonesia dengan harga murah dalam bentuk kering dan segar. Hubungi Sekarang juga UD. agrotani sejahtera 085646139990

Daun mimba atau dikenal dengan nama Azadirachta indica A. Juss ini adalah jenis dedaunan yang masuk kedalam kelompok tanaman perdu atau terna yang pertama kali ditemukan pada daerah Hindustani di Madhya Pradesh, India.

Tanaman mimba ini kemudian mulai menyebar ke Indonesia seitar tahun 1.500 di daerah Pulau Jawa dan tumbuh pada daerah tropis serta dataran rendah seperti Jawa Barat, Jawa Timur serta Madura.

Pohon mimba ini bisa tumbuh sampai 20 meter dengan kulit tebal dan batang yang teksturnya sedikit kasar serta daun genap yang menyirip berbentuk lonjong dan pada bagian tepi daun bergerigi serta runcing. Sementara bagian buahnya berukuran panjang 1 cm yang dihasilkan sebanyak 2 kali dalam 1 tahun dengan bentuk oval dan berwarna kuning jika sudah matang.

Bagian biji mimba tertutup dengan kulit yang keras berwarna coklat dan pada bagian dalam kulit buah ada lapisan kulit berwarna putih yang melekat. Bagian batang tanaman mimba berukuran pendek dan agak sedikit bengkok karena kayu tidak cukup besar.

Bagian daun mimba tersusun secara spiralis yang berkumpul pada ujung rantai dan merupakan daun majemuk menyirip genap. Anak daun mimba yang ada pada ujung tangkai berjumlah genap dan setiap helainya berjumlah 68 sampai 16 helai dengan bagian tepi daun yang bergerigi, beringgit serta tipis.

Sedangkan pada anak daun bisa memanjang dan pangkal daun berbentuk runcing, gandul dan sedikit berambut dengan panjang 3 sampai 10.5 cm. Helai daun ini memiliki warna coklat agak hijau denga bentuk bulat telur memanjang.

Nama Lain Tanaman Mimba

  • Jawa: Mimba, imba
  • Madura: Membha, Mempheuh
  • Bali: Mimba, intaran
  • Inggris dan Belanda: Margosier, margosatree, neem tree
  • Ilmiah: Azadirachta indica

Klasifikasi Tanaman Mimba

  • Divisi: Spermatophyta
  • Subdivisi: Angiospermae
  • Kelas: Dicotyledonae
  • Subkelas: Dialypetaleae
  • Bangsa: Rutales
  • Suku: Meliaceae
  • Marga: Azadirachta
  • Jenis: Azadirachta indica A. Juss

Kandungan Daun Mimba

  • sitosterol
  • Hyperoside
  • Nimbolide
  • Quercetin
  • Quercitrin
  • Rutin
  • Azadirachtin
  • Nimbine
  • Antikanker
  • Asam asetil
  • Oksituranoe
  • Minyak gliserda
  • Glokosida
  • Flavonoida
  • Triterpenoid
  • Antivirus

Manfaat Daun Mimba

Menyembuhkan disentri

Untuk menyembuhkan disentri, rebus 1 genggam daun mimba dengan 2 ruas jari kulit mimba bersama dengan 600 cc air atau 3 gelas air sampai mendidih dan warnanya berubah. Dinginakn dan minum air rebusan ini sebanyak 2 kali dalam 1 hari sebanyak 1/4 gelas untuk sekali minum.

Mengobati eksim

Untuk mengobati eksim, haluskan 2 tangkai daun mimba dan campur dengan kapur sirih secukupnya kemudian balur secara merata pada kulit eksim dan ganti setiap 2 kali 1 hari.

Anti kanker

Di dalam daun rimba memiliki zat anti kanker dan anti oksidan yang tinggi sehingga bisa menangkal berbagai radikal bebas dan juga kanker.

Obat radang

Daun mimba yang memiliki kandungan anti inflamasi ini sangat baik untuk mencegah terjadinya radang pada beberapa bagian tubuh anda.

Anti bakteri

Daun mimba juga mengandung zat anti bakteri sehingga bisa digunakan untuk menangkal bebagai macam bakteri yang ada di dalam tubuh yang menjadi sumber dari segala macam penyakit.

Obat masuk angin

Untuk mengatasi masuk angin juga bisa menggunakan daun mimba, caranya adalah dengan merebus daun mimba yang telah dikeringkan bersama dengan 1 rimpang jahe dan air sampai mendidih lalu saring dan minum airnya sampai masuk angin sembuh.

Menurunkan panas

Meskipun rasanya pahit, daun mimba ternyata menyimpan banyak manfaat seperti salah satunya untuk menurunkan panas dengan cara konsumsi air rebusan daun mimba secara rutin setiap hari, hingga panas mereda.

Mengobati cacingan

Senyawa biokomia yang ada pada daun mimba ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan cacingan pada anak dan orang dewasa, caranya adalah dengan minum air rebusan daun mimba secararutin setiap hari sampai cacingan hilang.

Menurunkan kadar gula

Agar kadar gula dalam darah tidak naik dan stabil,anda bisa mengkonsumsi ekstrak minyak daun mimba selama 14 hari dengan teratur, sebab dalam daun mimba terdapat glibenclamide yang berguna untuk menurunkan diabetes. Selain itu, minum secara teratur air rebusan daun mimba supaya hasil bisa maksimal.

Mengobati hepatitis

Untuk mengobati hepatitis dan juga penyakit liver, caranya adalah dengan secara teratur mengkonsumsi air rebusan daun mimba setiap hari.

Meredakan nyeri rematik

Dalam daun mimba terkandung azachdirichtin, oksituranoe, asam asetil, dan minyak gliserda yang sangat baik untuk mengobati gejala yang timbul akibat rematik.

Menghilangkan ketombe dan rambut kering

Gunakan air rebusan daun mimba yang dicampur dengan madu untuk digunakan sebagai conditioner pada rambut sehingga ketombe bisa hilang dan rambut yang kering bisa lembab, lembut dan juga tidak kusut.

Menghilangkan flek hitam dan pigentasi

Pigmentasi dan flek hitam merupakan beberapa tanda dari penuaan dini dan untuk mengatasinya adalah dengan mecampur bubuk daun mimba dengan bubuk cendana, ekstrak kemangi serta air mawar sampai terbentuk pasta halus dan gunakan pasta ini pada wajah sampai mengering kemudian bilas sampai bersih.

Jerawat dan komedo

Untuk menghilangkan jerawat dan juga komedo pada wajah, caranya adalah dengan memasuh wajah dengan air rebusan daun mimba secara rutin tiap malam menjelang tidur.

Obat psoriasis

Psoriasis adalah salah satu menyakit kulit yang bisa dilihat dari kulit bersisik, gatal dan juga kerak berwarna agak merah. Untuk mengatasi penyakit kulit ini adalah dengan mengoleskan ekstrak minyak daun mimba pada permukaan kulit sehingga bisa sembuh sekligus membuat kulit menjadi lembut.

Penyegar kulit

Gunakan air rebusan daun mimba yang dicampur dengan air jeruk nipis sebagai skin toner yang sangat berkhasiat dan tidak memiliki efek samping untuk semua jenis kulit wajah.

Mengecilkan pori kulit

Penuaan dini yang bisa dilihat dari pori kulit membesar ini bisa diatasi dengan cara mencampur air rebusan daun mimba dengan madu, yoghurt, tepung maizena dan juga susu kedelai hingga menjadi pasta dan gunakan sebagai masker wajah setiap malam sebelum tidur sebanyak 3 kali dalam 1 minggu.

Mengobati malaria

Untuk mengobati malaria, rebus 7 lembar daun mimba bersama dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja, dinginkan, saring lalu minum 2 kali 1 hari, pagi dan sore secara rutin sampai sembuh.

Gagal hati

Untuk mengobati gagal hati, caranya adalah denga merebus kulit atau akar mimba bersama dengan 7 lembar daun mimba dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya saja lalu saring dan minum 3 kali 1 hari, pagi, siang dan sore secara teratur.

Kanker lever

Untuk mengobati kanker lever, caranya adalah dengan rebus 7 lembar daun mimba dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya saja dan minum secara rutin 3 kali 1 hari.

Membunuh jentik nyamuk

Untuk membunuh jentik nyamuk, caranya adalah dengan melarutkan 3 sendok makan bubuk daun mimba ke dalam bak mandi di malam hari saat air tidak sedang digunakan sebagai pengganti dari fungsi abate.

Tekanan darah rendah

Untuk anda yang memiliki tekanan darah rendah, konsumsi air rebusan daun mimba ini secara rutin. Caranya adalah dengan rebus 5 tangkai daun mimba, 2 iris temulawak dan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja, minum air rebusan ini sebanyak 3 kali 1 hari. Cara lainnya adalah dengan menyantap daun mimba segar sebagai lalap sebanyak 1/2 lembar, 3 kali 1 hari.

Demikian artikel jual daun mimba semoga bermanfaat

admin: